Senin, 20 Agustus 2012

Resep Jajanan Nagasari | Nogosari



Apa sih Nagasari?


Nagasari atau kue Nagasari adalah salah satu jajanan pasar indonesia yang berbahan dasar tepung beras. Dalam penyajiannya kue ini di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang sudah di kukus sebelumnya bersama adonannya. Umumnya kue Nagasari ini dibuat dan disuguhkan pada acara-acara formal seperti hajatan pernikahan, khitanan / sunatan, sedekah bumi dan acara lain termasuk acara-acara non-formal seperti kumpul lebaran, buka puasa bersama dan lainnya. Untuk info, di Jawa Barat ada juga kue Nagasari namun tepung yang digunakan adalah tepung hunkwe, jenis tepung yang terbuat dari kacang hijau dengan aroma yang unik. Dan berikut resepnya :


Bahan :

              - 500 gram tepung beras

              - 100 gram tepung kanji

              - 1 buah kelapa untuk santan

              - 1 sendok gula pasir

              - pisang raja yang sudah tua

              - daun pisang (untuk membungkus)

Cara Membuat :

               1. Pisang dipotong-potong (1 buah pisang kira-kira dijadikan 4 potong).

               2. Hangatkan santan, campurkan tepung beras dan tepung kanji. Uleni merata.

               3. Campurkan gula dan garam. Untuk persiapan, ammbil daun pisang dan gulung.

               4. Tuangkan adonan dalam daun. Beri setiap gulungan 1 potong pisang.

               5. Lipat (jangan sampai pecah). Kukus hingga matang.



Mudah bukan?

Info tambahan : 

“Ada banyak varian warna dalam pembuatan kue Nagasari beberapa diantaranya putih, merah, biru dan hijau. Warna-warna ini didapatkan dengan menggunakan pewarna dari bahan alami.
1.      Warna Putih
Untuk warna putih adalah dengan mencampurkan adonan dengan santan, ini juga dapat memberi rasa berbeda pada kue setelah dikukus.
2.      Warna Merah
Warna merah pada Nagasari didapat dengan mencampurkan gula merah sebagai pewarna, namun perlu diingat unutk anda yang tidak terlalu suka manis, takaran gula merah harus disesuaikan dengan takaran gula pasir pada adonan  agar rasa manisnya tidak terlalu mencolok.
3.      Warna Biru
Nagasari dengan varian warna biru ini termasuk warna yang jarang dibuat, namun patut untuk dicoba. Caranya adalah dengan mencampuran bunga telang (Clitoria ternatea) sebagai pewarna.
4.      Warna Hijau
Untuk Nagasari hijau, dibuat dengan campuran daun suji (Pleomele angustifolia syn. Dracaena angustifolia) sebagai pewarna.

Bagi anda yang kreatif dan memiliki varian warna lain dengan menfaatkan pewarna alami, silahkan berbagi di sini baik melauli kotak komentar atau boleh mengirim e-mail ke : info.jajananpasarindonesia@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar Anda baik itu berupa kritik maupun saran yang membangun.